26. Tarumanegara

Kerajaan Salakanegara yang tadinya berpusat di Pandeglang, Banten menghilang. Berganti pindahnya istana di sekitar sungai Citarum dengan berdirinya kerajaan Tarumanegara di abad 4m. Bersamaan masa berdirinya kerajaan Kutai Kertanegara di Kalimantan.

Tarumanegara dan Kutai juga di temukan telah memiliki hubungan perdagangan.

Sejarawan mencatat kerajaan pertama yang berdiri di Indonesia adalah Kutai Kertanegara dan kedua adalah Tarumanegara, berdasarkan temuan bukti prasasti Asmawarman dan prasasti Citarum.

Di prasasti Citarum di sebutkan mengenai misi Raja Purnawarman untuk membangun saluran irigasi / pengairan. Pembangunan irigasi tersebut meliputi sungai Citarum, Ciliwung, hingga Teluk Jakarta dan Sunda Kelapa. Sejak abad 4m dulu, Purnawarman sudah membuat kanal banjir kiri-kanan yang letaknya dari Ciliwung hingga Jakarta kini, untuk mengatasi banjir.

Dan Tarumanegara juga terkenal dengan wilayah Medanggiling, nama Banten dulu di abad 4m., yang telah terkenal sebagai daerah penghasil cula badak. Dulu badak di ternakkan berkembangbiak banyak di masa Medanggiling. Karena hasil ternak badaknya yang banyak, bahkan membuat kekaisaran Cina mengirim utusan ke Medanggiling untuk mengimpor cula badak untuk keperluan obatnya negara Cina.

Di sejarah Tarumanegara, di sebut Raja ketujuh Tarumanegara ialah Suryawarman.

http://id.wikipedia.org/wiki/Suryawarman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s