52. Berdirinya kerajaan Perlak dengan masuknya pedagang-pedagang Arab

Kerajaan Perlak di perkirakan sudah berdiri sejak abad 10 m. Kerajaan Perlak berdiri sejak pedagang Arab masuk ke Aceh, dan menikah dengan puteri bangsawan Mohrat setempat.

Perang saudara antar kerajaan Perlak luar dan Perlak dalam.

Perang saudara ini sebenarnya karena perebutan kekuasaan antar kekerabatan Raja Mohrat Perlak di Sumatera Utara.

Perang antar Raja Mohrat Perlak membuat kerajaan Perlak terdapat 2, Perlak luar dan Perlak dalam, di Sumatera bagian utara. Di tengah, masih terdapat kerajaan Sriwijaya.  Dan penduduk Sumatera yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang.

Dan di Sumatera masih terdapat bermacam suku primitif, suku Kubu, dan lainnya.

Perlak dalam kemudian menjadi kerajaan Pasai. Asal nama Pasai dari sebutan gunung-gunung karang di ujung pantai Sumatera Utara. Berdekatan dengan letak kerajaan Pasai di bagian kanan Sumatera Utara yang menghadap ke Semenanjung Melayu. Waktu itu, Semenanjung Melayu masih di kuasai oleh Sriwijaya.

Bahkan Sriwijaya juga menguasai Srilangka, setelah melakukan aksi serangan balasan pada Raja Cola.

Sriwijaya juga menguasai kerajaan Pajajaran menjadi kerajaan bawahan di abad 10 m. Berhubung hubungan dagang. Karena Sriwijaya menguasai jalur dagang semenanjung Melayu dan samudera India/ jalur strategis Asia tenggara di waktu itu. Bahkan di sebut sebagai kerajaan emas/ Suwarna Dwipa. Dan hubungan Sriwijaya dan Pajajaran tercatat berlangsung baik.

Tapi yang nampak di catatan sejarah, perseteruan Sriwijaya sebagai penerus Dharmasraya seperti musuh bebuyutan kerabatnya Dharmawangsa Kediri, yang menguasai bagian Sunda Timur, Kalsel, Kalimantan Timur, Sulawesi, hingga Papua ( Indonesia timur). Makanya terdapat Gunung Jayawijaya. Walau data lain juga menunjukkan, bahwa terjadinya pralaya cuma internal antara Raja Wara-wuri dan Dharmawangsa Kediri di Jawa Timur.

Dan Pajajaran berada di tengah Sriwijaya dan Kediri. Pajajaran lebih menempatkan di antara hubungan kesejahteraan ekonomi dan dagang kerajaan. Dan tidak mau terlibat urusan pralaya berkepanjangan yang terjadi di Jawa Timur, antara Warawuri dan Kediri.

Walau padahal Prabhu Airlangga masih saudaranya dari adik kekerabatan Tarumanegara-Pajajaran-Panjalu.

Di abad 11 m., Marcopolo pengelana dari Venesia, Italia datang ke Sumatera di masa kerajaan Perlak, dan berkelana hingga di pedalaman bertemu dengan suku primitif.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s