3. Kerajaan Astina dan Babad Tanah Jawi

Kerajaan Astina dulu adalah India dan sekitar Indonesia, di temukan di Jawa dan Kalimantan, melalui temuan naskah cerita kuno dan prasasti.

Babad Surosowan ini mengikuti versi Babad Tanah Jawi, sesuai pemberitahuan dari alm. tabib Malang, bahwa serat Manik Maya terjemahan Raden Ronggo Warsito ( Raden Surakarta yang juga dari beragama nasrani) tidak benar.  Di serat Manik Maya di tuliskan asal-usul Batara Guru sebagai bapak dari Batara Brahma dan buyut dari Pandawa, sebagai turunan dari pernikahan puteri Iblis dengan Yanas, putera turunan Nabi Syith ‘as.

Dari sejarah di temukan di jaman Wali Songo, ahli sejarahnya Jawa masa itu ialah Sunan Kalijaga ( Raden Sahid), yang juga pernah menuliskan terjemahan asal-usul cerita wayang dengan sejarah Jawa.  Di mana Sunan Kalijaga juga menuliskan asal-usul para Batara sebenarnya juga turunan manusia dari Nabi Syits ‘as., putera Nabi Adam ‘as. Dan Sunan Kalijaga di samping sebagai anggota Wali Songo, juga di kenal sebagai adik iparnya Ki Sunan Gunung Jati, berarti juga kakek paman ( aki)-nya keluarga dinasti Sultan Banten dan Cirebon. Ki Sunan Kalijaga dan Ki Sunan Tembayat, juga di kenal sebagai guru besarnya kasepuhan/ Raja pertama kerajaan Islam Mataram, Sutawijaya/ Raden Ngabehi Saloring Pasar.  Beliau juga di kenal sebagai dalang dan seniman serba bisa. Dan pencetus seni adiluhung, sebagai falsafah seni Jawa.

BABAD TANAH JAWI

1. Lurah Wangsagatra

Tersebutlah kehidupan masyarakat Jawa kuno. Adalah seorang yang sedang menjelajah hutan. Ia berjalan tidak tentu arah sampai lupa makan dan lupa tidur. Yang di makannya hanya dedaunan dan tidak ada yang di pikir kecuali kemurahan dewa. Wulu cmbunya yang bernama Lurah Semar Wangsagatra tidak ketinggalan selalu mengikuti. Sang bagus istirahat di bawah pohon di hadap oleh wulu cumbunya.

Palasara berkata,” Paman Semar, sudah berapa lama aku berada di hutan ini?” Ki Lurah Semar menjawab,” Sudah enam bulan. Lalu bagaimana kehendak Raden, apa tidak ada akhirnya perjalanan ini?”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s